Senin, 28 Oktober 2013

Cara Memelihara Ikan Cupang Hias

Cara Memelihara Ikan Cupang - Ikan cupang termasuk salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Ikan cupang dikatakan juga dengan ikan siam, bagi anda yang ingin memeliharanya anda cukup mengikuti langkah-langkah mudah ini. Biasanya ikan cupang cukup diletakkan dalam suatu wadah dan beri makanannya teratur serta ganti air secara rutin.
Memelihara Ikan Cupang Hias
Dalam ulasan ini kami akan memberikan sedikit tips dan cara memelihara ikan cupang.

1. Siapkan wadah atau tempat pemeliharaan ikan cupang, ambil ember kosong dan isi dengan air bersih, diamkan sebentar agar suhu air dalam ember sama dengan suhu kamar.

2. Tuangkan air ember dalam wadah tempat pemeliharaa ikan cupang, anda bisa menambahkan beberapa batu didalamnya, atau dengan menempatkan tanaman atau bunga palsu.

3. Periksa suhu air selalu dengan termometer. Suhu air tempat pemeliharaan ikan cupang harus berada pada kisaran 22 derajat celcius dan 27 derajat.

4. Kemudian tips memeliharan ikan cupang berikutnya adalah dengan melihat dan mengukur suhu air waktu pembelian ikan cupang dengan suhu air dirumah atau pada wadah anda. Usahakan suhu airnya tidak berbeda jauh.

5. Waktu pemindahan ikan cupang, pindahkan dengan lembut, kalau tidak maka ikan cupang anda akan stress yang bisa berakibat mati. Untuk makanannya anda bisa memberikan makanan kering, atau makanan hidup seperti jentik, cacing kecil merah.

6. Bersihkan tempat ikan cupang minimal 1 minggu sekali, waktu memindahkan ikan gunakan jaring, jangan menggunakan tangan karena rentan terjadi stress ikan

7. Ketika membersihkan tempat ikan, cuci tempatnya dengan air hangat, begitu juga bebatuan yang ada didalamnya atau tanaman palsunya, cuci dulu dengan air hangat dan lap dengan kain.

8. Masukkan kembali batu dan tanaman palsu kedalam wadah pemeliharaan ikan cupang. sebaiknya jangan langsung memasukkan ikan, tetapi biarkan sebentar agar suhu air dalam wadah sama dengan suhu kamar.

Itulah tips dan cara memelihara ikan hias cupang, perhatikan selalu caranya agar ikan hias cupang anda tidak stress dan mati. jadi, hanya itu saja yang perlu diperhatikan dalam perawatan ikan cupang. Semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar