Senin, 01 Februari 2016

7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut - Gigi adalah bagian tubuh yang berperan besar dalam proses pencernaan karena makanan yang kita makan tidak pernah melewati mulut yang didalamnya ada gigi-gigi. Itu sebabnya kita sangat penting menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berbagai masalah bisa saja terjadi kapan saja pada mulut kita sehingga berbagai kemungkinanpun bisa terjadi seperti gigi berlubang, gusi bengkak dan lain-lain.

Nah, untuk menjaga kesehatan gigi tidak perlu repot repot sebenarnya karena kita bisa menjaga gigi hanya dengan modal kecil alias murah. lantas bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut kita dengan baik agar terhindar dari masalah cavitis. Yuk Kita simak 7 cara menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagaimana yang dikutip dari berbagai sumber.


7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi

1. Rajin menggosok gigi
Cara pertama ang harus kita jaga adalah menyikat gigi. Menggosok gigi secara rutin adalah hal utama yang harus di lakukan untuk menjaga gigi tetap sehat. Menyikat gigi minimal dilakukan dua kali dalam sehari. Kalau ini dilakukan secara berkesinambungan maka gigi dan mulut akan terjaga kesehatannya. Lihat cara menggosok gigi dengan benar.

2. Mengkonsumsi buah buahan
Buah buahan adalah makanan seha yang seharusnya ada setiap hari dalam hidangan. Buah yang mengandung serat adalah yang paling utama dimakan. Serat dalam buah akan berfungsi sebagai sikat gigi alami yang akan membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Selain itu, buah buahan yang mengandung vitamin c seperti jeruk jambu biji, strawberry adalah buah yang penting untuk menjaga ketahanan gigi dan gusi.

3. Mengkonsumsi sayuran
Cara menjaga kesehatan gigi selanjutnya adalah dengan cara rajin mengkonsumsi sauyran. Sayuran juga sama halnya dengan buah buahan yaitu banyak mengandung serat alami yang bisa membersihkan sisa makanan dicelah gigi. Selain itu sayuran yang mengandung vitamin A sangat penting bagi kesehatan gigi karena sayuran bervitamin A seperti wortel, labu dan brokoli bisa menjaga bahkan membentuk enamel gigi.

Baca juga artikel terkait:

4. Mengkonsumsi biji bunga matahari dan biji wijen
Dua bahan makanan ini saling terkait dalam menjaga kesehatan gigi kita. Bunga matahari misalnya bermanfaat untuk mencegah bau mulut tak sedap. Sementara biji wijen sangat bagus untuk mencegah plak pada gigi yang terbentuk dari sisa makanan yang mengeras. Biji wijen juga bagus untuk menjaga ketahanan gigi karena banyak mengandung kalsium didalamnya.

5. Mengkonsumsi susu dan semua jenis produk dari susu
Kita mengenal susu banyak mengandung protein, padahal dalam susu juga sangat banyak kalsium yang bagus untuk pembentukan tulang dan gigi. Tidak hanya susu saja yang bagus untuk gigi tetapi juga semua jenis makanan dari susu seperti yogurt. Kandungan kalsium dalam makanan ini sangat epa bagi kesehatan gigi.

6. Menggunakan air lemon
Selanjutnya cara menjaga kesehatan gigi adalah dengan menggunakan air lemon. Air lemon diketahui mengandung asam sitrat yang bermanfaat untuk membuat gigi nampak lebih putih. Sebaiknya kita menggunakan asam sitrat atau air lemon dengan campuran garam untuk menyikat gigi beberapa kali dalam seminggu. Cara ini akan membersihkan gigi dari kuning dan membuat gigi nampak kebih bersih adanya.

7. Menjaga kebersihan sikat gigi
Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut juga tidak hanya pada penggunaan berbagai bahan alami atau pada menggosok gigi saja. Namun menjaga kesehatan gigi juga harus dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sikat gigi. Sikat gigi yang sudah tidak layak pakai lagi sebaiknya digantikan dengan yang baru. Sikat gigi sebaiknya digunakan dalam jenjang waktu 2 bulan, selanjutnya anda bisa membeli yang baru.

Itulah 7 cara menjaga kesehatan gigi anda agar tetap sehat dan bersih. Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah sama dengan menjaga kebersihan perut dan kesehatant tubuh lainnya, karena makanan yang kita konsumsi ini semuanya masuk melalui mulut dan dikunyah terlebih dahulu oleh gigi. Maka jagalah kesehatan gigi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar